Senin, 14 November 2011

Belajar Gitar Menerjemahkan dan Membaca Not balok ke Not angka (TABLATUR)

hai sahabat rocker berjumpa lagi di blog Belajar Gitar bersama guitarisamiens, dengan topik bagaimana menerjemakan not balok ke not angka atau biasa juga disebut dengan tabulatur,
Menjadi seorang musisi bukanlah semudah membalikan telapak tangan saja, tidak banyak dari masyarakat luas memandang remeh anugerah tuhan yang satu ini, klu menurut saya wajar saja dia dianggap remeh asalkan musisi itu adalah musisi yang menganggap diri mereka anak punk yang selalu mengundang kerusuhan dan memacetkan jalan raya, mereka inilah yang merusak citra baik para musisi. back to learn


untuk mempelajari Not balok membutuhkan waktu yang sangat lama, melelahkan dan membosankan, itu sebabnya sang maestro musik membuat alternatif lain yaitu membuat not angka (tabulatur), namun kecil kemungkinan pembaca tabulatur bisa membaca not balok, tetapi pembaca not balok tentunya bisa membaca not angka (tabulatur).
jika anda sudah menguasai not balok dan angka maka halangan yang akan kalian dapatkan adalah saat anda memainkannya, anda harus memainkan sesuai dengan musik itu, bagus kalau musiknya slow, kalau musiknya speed. Wah kita bisa ketinggalan kereta nantinya. bagaimana cara mengatasinya ????? (pengalaman Pribadi)
saya pernah mengikuti sebuah pengajian, saat mengaji saya sering terlambat membaca ayat-ayat suci Al’quran, setelah pengajian selesai saya bertanya kepada seorang jema’ah pengajian itu
Saya : bagaimana anda membaca ayat-ayat tadi dengan cepat dan benar
jema’ah : saat anda membaca ayat-ayat suci itu, usahakan mata kamu melihat ayat apa yang akan kau sebut berikutnya,
saya : bagaimana saya bisa melakukannya itu
jemaah : mamfatkanlah ayat-ayat yang mempunyai huruf panjang
dari pengalaman itulah saya mempraktekan membaca not-not yang ada dan mempraktekannya setiap hari. al hasil itu semua berfungsi (Thanks Islam).
saat saya mau memainkan sebuah lagu teman saya ada yang balum bisa membaca not balok jadi saya translete saja ke not angka agar lebih mudah dia membacanya
Bagaimana Cara Menerjemahkan Not Balok ke Not Angka ???????
lambang-lambang yang akan kamu tekan pada not balok berada pada kumpulan baris-baris. garis yang dimaksud adalah garis Pranada (KTK SMP), ketika saya sekolah musik namanya pun berubah menjadi Staff yang terdiri dari5 garis dan 4 spasi
Belajar+Gitar+Garis+Pranada
gambar disamping hanya sekedar contoh untuk mengetahui keberadaan angka-angka garis dan spasi. Namun pada not aslinya kalian tidak akan mendapatkan tulisan angka seperti dia atas, jadi mohon dihafal posisi garis angka dan Spasi angka
Belajar+Gitar+Not Balok
pada gambar diatas menunjukan garis pranada atau staff pada nada C sudah melebihi 5 garis pranada yang saya jelaskan ditas. catatan garis pranada bisa ditambah 3 sampai 5 baris lagi keatas maupun kebawah garis itu biasa disebut dengan istilah garis bantu atau lager line. namun kadang timbul pertannyaan bagaimana caranya menuangkan not balok (gambar diatas) menjadi not angka. ??
Belajar+Gitar+not+angka
Namun jika anda telah melihat not balok dari sebuah lagu yang sudah ada namun tidak mempunyai tablatur atau not angka maka anda sebaiknya mendengarkan lagu itu dan mengikuti bunyi senar berapa yang ia mainkan sesuai dengan tindisan digitar.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More