Sabtu, 25 Juni 2011

“IMPROVISASI SOLO TERDENGAR LEBIH MENAKJUBKAN”

Steve Morse dikenal sebagai gitaris dengan rentang permainan yang sangat lebar, mencakup corak rock, country, funk, jazz, klasikal hingga fusion, yang telah tertoreh lewat puluhan karya album bersama bandnya, Dixie Dregs, Steve Morse Band, Kansas hingga Deep Purple. Kini, di luar kesibukannya tur bersama Deep Purple dan Steve Morse Band, Steve menyisihkan waktu menggarap album “Angelfire” (Radiant Records), sebuah proyek musikal yang berbeda jauh dari apa yang ia lakukan selama ini. Di sini, Steve berkolaborasi dengan penyanyi cantik belia pendatang baru, Sarah Spencer dan menghasilkan olahan musik akustik bernuansa relaksasi, didominasi alunan folk yang berpadu dengan elemen klasikal, yang digambarkan seperti mempertemukan Sarah McLachlan dengan John McLaughlin.

Hingga di usianya yang sudah kepala lima, Steve Morse yang sudah mengantongi lebih dari 40 album rekaman ini sama sekali tidak memperlihatkan tanda-tanda penurunan kualitas maupun kreativitas sebagai salah seorang gitaris rock terbaik di dunia selama bertahun-tahun. Padahal ia telah memulai karir profesionalnya sebagai musisi dan gitaris pada tahun 1975, saat ia pertama kali membentuk band Dixie Dregs. Itu terjadi tak lama setelah ia merampungkan studi permainan gitar jazz dan klasikal di Miami University, AS.

Karirnya kemudian terus berkembang, dengan mendirikan Steve Morse Band tahun 1983. Tiga tahun kemudian, diajak pula bergabung dengan band rock legendaris, Kansas dan menghasilkan beberapa album. Lalu, sambil tetap menjalani karir solonya, tahun 1994, Steve Morse yang pernah lima kali berturut-turut meraih gelar “Gitaris Terbaik” versi pembaca majalah terbitan AS, Guitar Player ini direkrut band rock legendaris lainnya, Deep Purple untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Ritchie Blackmore.

Steve memulai sepak terjangnya di band itu lewat rilisan album “Purpendicular” (1996). Tahun 2003, Steve Morse pernah pula menjalani proyek band Living Loud bersama vokalis Jimmy Barnes dan dua mantan personel Ozzy Osbourne, basis Bob Daisley serta dramer Lee Kerslake. Terakhir, sejak 2007 lalu, Steve mulai menekuni materi musik untuk album “Angelfire” yang akhirnya dirilis sejak Juni 2010 lalu. GitarPlus berhasil mendapatkan kesempatan eksklusif untuk melakukan tanya-jawab dengan Steve Morse, seputar Angelfire, Steve Morse Band dan tentu saja Deep Purple.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More