Sabtu, 25 Juni 2011

Nathan East (Fourplay) "CHUCK LOEB ADALAH FOURPLAY VERSI BARU"

Kuartet jazz kontemporer asal AS, Fourplay baru saja merilis album barunya, “Let’s Touch the Sky” yang diperkuat gitaris baru, Chuck Loeb. Pembetot bass, sekaligus salah satu pendirinya, Nathan East menyediakan waktu berbincang dengan GitarPlus, membahas Fourplay, Chuck Loeb dan karir musiknya.



Sejak terbentuk tahun 1991 silam, formasi awal Fourplay terdiri atas Bob James (kibor), Lee Ritenour (gitar), Nathan East (bass) dan Harvey Mason (dram). Tahun 1997, Lee Ritenour hengkang dan Fourplay memilih Larry Carlton sebagai pengganti gitaris jazz legendaris tersebut. Namun di tahun 2010, Larry mengundurkan diri dan digantikan oleh Chuck Loeb. Formasi terakhir inilah yang tampil di “Java Jazz Festival 2011” di JIExpo Kemayoran, Jakarta, 4 Februari 2011 lalu.



Fourplay telah menikmati kesuksesan komersil melalui 11 album selama 18 tahun eksistensi mereka. Nathan dkk memadukan unsur R&B dan pop ke dalam adonan musiknya yang terfondasi kuat oleh akar jazz. Album debutnya, “Fourplay” (1991) terjual lebih dari satu juta keping dan pernah nangkring di posisi puncak di Billboard Contemporary Jazz chart selama 33 minggu. Album berikutnya, “Between the Sheets” (1993) kembali mencapai posisi puncak, mendapat sertifikat Gold dan masuk nominasi Grammy Award. Begitu juga di album ketiganya, “Elixir” (1995) yang lagi-lagi meraih Gold dan berada di puncak chart selama lebih dari 90 minggu.

Sekitar beberapa menit sebelum tampil menggelar klinik bass untuk mempromosikan Yamaha BB Series di Yamaha Musik Indonesia, Jakarta, Sabtu, 5 Februari 2011 lalu, Nathan East menyediakan waktu khusus untuk melakukan wawancara dengan GitarPlus. Selain bersama Fourplay, karir pembetot bass kelahiran Philadelphia, AS, 8 Desember 1955 ini juga tercatat pernah dihiasi kolaborasi dengan seabrek band serta musisi kaliber dunia. Di antaranya seperti Eric Clapton, Joe Satriani, Phil Collins hingga Stevie Wonder. Ia juga rekaman dengan deretan panjang artis dunia, termasuk dengan mendiang Michael Jackson, lalu Madonna, Whiteny Houston, Baby Face, George Benson, Anita Baker hingga Beyonce.



Ceritakan tentang album baru Fourplay, sekarang ada gitaris baru.…

Dia (Chuck Loeb) seorang gitaris yang bagus, orangnya baik dan asyik untuk diajak kerjasama. Banyak sekali gitaris hebat tapi Chuck-lah yang paling cocok untuk Fourplay versi baru.



Apa yang Anda maksud dengan versi baru?

Versi baru untuk dekade berikutnya. Setiap dekade kami terlihat seperti (selalu) punya gitaris yang berbeda. Di era ‘90an ada Lee Ritenour, Larry (Carlton) di tahun 2000an dan sekarang Chuck (Loeb) masuk ke dekade ketiga.



Bisakah Anda katakan versi baru ini juga tampil dengan gaya permainannya yang berbeda?

Saya rasa demikian. Dia (Chuck) feeling-nya lebih ke jazz progresif. Kebalikannya dengan Larry yang lebih ke blues. Tapi kedua gitaris tersebut sama-sama memberikan kontribusi yang hebat di Fourplay. Kami senang memiliki Chuck di band kami.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More