Sabtu, 25 Juni 2011

WAWANCARA EKSKLUSIF KIKO LOUREIRO

MUSICAL BLAST!

Di luar kesibukannya bersama bandnya, Angra, gitaris asal Rio de Janeiro, Brasil ini kembali merilis album solo instrumentalnya yang berjudul ‘Fullblast’. Di sini, ia semakin memperlihatkan kelasnya sebagai salah satu gitaris solo berbakat berskala dunia yang tak sekadar mengandalkan shredding skills, namun juga kemampuan penulisan lagu yang matang. Seperti yang diungkapkannya sendiri kepada GitarPlus.

***

Kiko Loureiro mulai mengenyam pendidikan musik dan memainkan gitar akustik saat berusia 11 tahun. Lalu pindah ke gitar elektrik dua tahun kemudian. Hanya butuh tiga tahun sesudahnya, Kiko sudah mulai bergabung di beberapa band. Dan pada usia 19 tahun, ia direkrut untuk memperkuat formasi Angra, band beraliran power metal popular asal Brasil yang masih dihuninya hingga hari ini. Di samping itu, Kiko juga tetap menjalani karir solonya dengan merilis album-album solo yang bercorak rock, metal, Samba dan jazz, video instruksional dan aktif melakukan workshop atau klinik ke berbagai belahan dunia. Hingga saat ini, Kiko di antaranya tercatat telah dikontrak sebagai pengguna resmi instrumen merk Tagima dan ESP untuk gitar elektrik, gitar akustik Takamine, ampli Brunetti dan Laney, senar D'Addario, pickup Seymour Duncan, serta perangkat efek Zoom dan Morley.

Bisa ceritakan proses di balik penggarapan album ‘Fullblast’?

Saya mulai mengumpulkan ide-ide lama dan baru selama setengah tahun di 2008. Saya membuat demo yang lengkap dengan permainan dram yang telah diprogram, perkusi, bas, gitar dan kibor. Lalu saya memperdengarkannya ke Mike Terrana (dram) dan Felipe Andreoli (bas) agar mereka bisa membangun ide-ide dengan gaya mereka sendiri sebelum masuk rekaman. Untuk rekaman sendiri selalu merupakan proses belajar dalam banyak hal. Menggarap komposisi musik, mengorganisir banyak hal yang berkaitan dengan produksi, equipment, kepentingan sound dan tone, mixing... Terlalu banyak untuk disebutkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More