Sabtu, 25 Juni 2011

RAINY FANTASY

Masih ingat Jubing Kristianto? GitarPlus pernah mewawancarai shredder gitar akustik ini dan dimuat di edisi 42 (Agustus 2007). Keistimewaan Jubing terletak pada eksplorasinya di gitar akustik, di mana ia memainkan beberapa komposisi lagu dengan tingkat kesulitan tinggi hanya dengan satu gitar. Seperti yang ia tunjukkan di album debutnya, ‘Becak Fantasy’ (2007, IMC Record). Saat itu, respon para penikmat musik-musik gitar instrumental di Indonesia terhadap album tersebut cukup positif dan apresiatif. Jubing berhasil menggairahkan dunia gitar akustik, yang selama ini agak kurang dilirik karena kadang terlalu identik dengan style romantic. Di sisi lain, Jubing juga berhasil membukakan mata kita bahwa dengan modal keahlian memainkan gitar klasik, sangat banyak sebenarnya style yang bisa dikembangkan.
Kini, Jubing kembali hadir dengan kumpulan komposisi sejenis bertajuk ‘Hujan Fantasy (Exploring Solo Acoustic Guitar Music II)’. Juga dirilis oleh IMC Record, Semarang. Tak beda dengan album sebelumnya, kali ini Jubing juga menampilkan eksplorasi yang sarat kejutan. Salah satu misalnya, Jubing coba-coba menjajal gitar akustik bersenar logam (steel string), yang ia terapkan di lagu ‘Aku Cinta Dia’.
Jika di album pertama ada komposisi ‘Magnificent Seven’ yang disebut-sebut Jubing lumayan sulit dimainkan, kini ia kembali ‘menyiksa’ jemarinya lewat ‘Bohemian Rhapsody’, lagu klasik rock legendaris milik Queen. Di album ini, Jubing juga menyisipkan ‘Madu dan Racun’ (hits yang pernah dipopularkan Bill & Brod di era ‘80an), komposisi yang pernah dimainkan Jubing saat mengikuti kompetisi gitar Yamaha, tahun 1986. Kemudian ada pula gubahan lagu tradisonal ‘Gundul-gundul Pacul’ yang dimainkan secara live, direkam dari penampilan duet Jubing dengan perkusionis Suryadi “Plenthe” di Mal Ambarukmo Plaza Yogyakarta, 7 November 2007 silam.
Hujan yang menjadi tema utama album ini diwakili oleh komposisi ‘Hujan Fantasy’ (dikembangkan dari lagu ‘Hujan’ karya Ibu Soed) serta nomor ciptaan Jubing sendiri yang bertajuk ‘Once Upon A Rainy Day’. Saat rekaman album ini, Jubing memainkan gitar Taiki TG-40-C dan Yamaha CGX 171-CC. Lebih jauh tentang proses kreativitas Jubing saat menggarap album ‘Hujan Fantasy’.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More