Sabtu, 25 Juni 2011

WAWANCARA EKSKLUSIF: Blues Saraceno

ANTHEM FOR SLANK





Mulai Agustus 2009 lalu, album berbahasa Inggris pertama Slank yang direkam dan telah diedarkan di Amerika sejak tahun lalu, ‘Anthem for the Broken Hearted’ akhirnya beredar juga di Indonesia. Produsernya, Blues Saraceno yang mantan gitaris band rock popular Amerika, Poison, mengupas secara gamblang proses rekamannya, khusus untuk GitarPlus!

***

Proses penggodokan ‘Anthem’ yang memuat lima lagu baru plus lima lagu lama yang diolah ulang untuk versi bahasa Inggris mulai dikerjakan Slank bersama Blues Saraceno di Studio City Sound, Los Angeles AS pada Juli 2007. Selama hampir sebulan, Kaka (vokal), Abdee (gitar), Ridho (gitar), Ivanka (bas) dan Bimbim (dram) berkutat di studio selama 12 jam setiap harinya, dimulai pukul 10 pagi hingga 10 malam untuk mewujudkan album impian mereka ini. Konon, sekitar 500 radio di Amerika sudah memutar lagu-lagu Slank dari album ‘Anthem’ sejak Slank melakukan tur promo di negara adidaya tersebut, Oktober 2008 silam. Dan berdasarkan permintaan dari para penggemar setia Slank di Tanah Air, versi lokal ‘Anthem’ akhirnya juga dirilis dengan tambahan bonus T-Shirt serta VCD “Slank World Tour 2008”.

Blues Saraceno sendiri bukan orang baru di industri musik di Amerika. Selain dikenal luas sebagai mantan gitaris Poison yang pernah terlibat di album ‘Crack a Smile... and More!’ (2000), ia juga tercatat sebagai gitaris session yang lumayan laris. Permainan gitarnya pernah dipakai di album penyanyi solo Michael Bolton dan Cher serta penulis lagu pop terkenal, Taylor Dayne. Blues pernah pula “menggantikan” posisi Eric Clapton di formasi bandnya Jack Bruce dan Ginger Baker (Cream).

Kini, selain menjalani profesi sebagai gitaris session dan produser, Blues juga menekuni profesi sebagai komposer untuk berbagai tayangan film serial, talk show atau reality show TV terkenal, di antaranya seperti “Friends” (NBC), “America's Next Top Model” (UPN), “Jimmy Kimmel Live” (ABC), “Fox Sports News” (FOX), “Wild On” (E!), “Last Comic Standing” (NBC) serta beberapa tayangan popular di MTV, seperti “Punk'd”, “The Osbournes”, “Pimp My Ride”, “Parental Control”, “Ashlee Simpson Show” dan “My Super Sweet 16” (MTV).

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More