Sabtu, 25 Juni 2011

KNOCK “SHREDDER” OUT!!!!

Rabu (17/9) silam, sebuah paket berisi satu CD album mampir di meja redaksi. Pengirimnya tak lain adalah I Wayan Balawan, salah satu gitaris terbaik di Indonesia yang juga merupakan kontributor tetap GitarPlus. CD berjudul ‘1st Anniversary Album’ tersebut bukan album terbaru Balawan, melainkan sebuah kemasan kompilasi dari gitaris-gitaris yang tergabung di Bali Guitar Club (BGC), yang diproduksi dan diedarkan secara independen. Ini sebuah kemajuan yang mengejutkan sekaligus membanggakan karena komunitas BGC ini terbilang masih sangat belia. Baru diresmikan terbentuk pada 23 Agustus tahun lalu.

Di album ‘1st Anniversary Album’ ini sendiri, Balawan memegang peranan sebagai produser, berdua dengan I Nyoman Doni Lesmana. Ada 12 komposisi instrumental yang disuguhkan, dengan corak musik bervariasi, dari rock, metal, blues, jazz dan bahkan etnik Bali yang dicampuraduk, plus penerapan shredding skill di mana-mana. Lewat perbincangan di email, Balawan menyampaikan “unek-uneknya” seputar pembuatan album tersebut. Berikut transkrip lengkapnya:

Bisa cerita ide dan proses di balik pembuatan ‘1st Anniversary Album’?

Saya ingin mengumpulkan gitaris-gitaris di Bali agar mendapat kesempatan rekaman dan lebih fokus berkarya. Selama ini, gitarisgitaris di Bali cenderung menjadi pengamen di cafe dan hotel sejalan dengan pesatnya perkembangan pariwisata. Jadi mereka main gitar hanya untuk cari uang penghidupan tanpa memikirkan karya....

Kenapa memilih judul ‘1st Anniversary Album’?

Tiap tahun kami akan merilis album ‘2nd’, ‘3rd’, ‘4th’ dan seterusnya, untuk lebih mudah mengingatnya juga.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More