Sabtu, 25 Juni 2011

WAWANCARA: RUSTY COOLEY

ULTRA SHRED!





Rusty Cooley adalah salah satu shredder yang paling disegani sepak terjangnya di Amerika dan bahkan dunia saat ini. Mark Tremonti menggambarkan, jika ada olimpiade yang berorientasi gitar, maka Rusty bakal menjadi salah satu pemenang terbaiknya. Jason Becker menyebut Rusty sebagai gitaris yang jauh lebih imajinatif dibanding Yngwie Malmsteen. Sementara oleh John Petrucci, Rusty adalah gitaris teknikal dengan kemampuan “ultra shred monster man”!



***



Rusty Cooley yang berasal dari Texas, AS mulai menggilai instrumen gitar ketika merayakan ultahnya yang ke- 15, di mana ia mendapatkan gitar pertamanya, sebuah gitar Peavey T27 serta sebuah ampli Peavey Decade. Sejak saat itulah, ia tenggelam dalam rutinitas penuh disiplin, menghabiskan delapan jam sehari untuk mengasah kemampuannya bermain gitar dan mengulik permainan para gitaris yang menjadi acuannya, antara lain seperti Yngwie Malmsteen, Randy Rhoads, Eddie Van Halen, Jason Becker, Frank Gambale hingga Allan Holdsworth. Saat masih duduk di bangku SMA, Rusty juga mendalami teori musik dan sempat mengikuti National Guitar Workshop. Di luar rock, Rusty juga menekuni musik-musik klasik dan jazz.

Selepas SMA, Rusty masuk perguruan tinggi dan mendalami teori dan sejarah musik serta mengikuti kelas piano. Pada tahap ini, Rusty lantas bergabung di band bernama Revolution yang konsep musiknya disebut-sebut sebagai perpaduan Skid Row dan Yngwie Malmsteen. Tahun 1996, Rusty mulai melakukan eksplorasi permainannya dengan gitar bersenar tujuh. Di tahun yang sama, Rusty juga sempat terpilih sebagai runner-up untuk program “Jason Becker Schoolarship Search”. Setelah membentuk band Outworld pada Oktober 1997, tiga tahun kemudian, Rusty merilis sebuah instruksional gitar berjudul “Shred Guitar Manifesto” yang berformat CD-ROM.

Tahun 2002, Rusty melangkah lebih jauh dengan mengeskplorasi teknik permainannya dengan menggunakan gitar bersenar delapan buatan Bill Conklin dari Conklin Guitars. Setahun kemudian, majalah Guitar One mendaulat Rusty sebagai gitaris ketujuh tercepat sepanjang masa. Kini, Rusty telah mengantongi endorsment untuk beberapa produk bergengsi seperti EMG pickups, Diamond Amplification, Morley, Intellitouch, Rocktron, Maxon, GHS strings, VHT, Conklin, Eventide serta gitar bersenar tujuh signature-nya, Dean RC7 Xenocide. Selain proyek solo serta berbagai kegiatan klinik, permainan gitar solo Rusty antara lain juga telah menghiasi album-album milik mantan kibordis Dream Theater, Derek Sherinian, di album band metal All Shall Perish, album tribute untuk Shawn Lane dan Jason Becker serta di DVD Mark Tremonti “The Sound and the Story”.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More